Peralatan Dapur

Perbedaan Gas Range Oven dan Oven Listrik

Perbedaan Gas Range Oven dan Oven Listrik January 18, 2019Leave a comment
Perbedaan Gas Range Oven dan Oven Listrik

Bagi Anda para ibu tentunya telah akrab dengan beragam piranti dapur yang sehari – hari digunakan untuk memasak. Ada pula alat – alat yang hanya digunakan sekali, misalnya oven yang digunakan untuk memanggang kue. Oven sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah oven listrik dan gas range oven.

Lalu apa sebenarnya bedanya? Bagi Anda yang belum mengetahui atau masih bingung, berikut ini adalah perbedaan di antara keduanya, yaitu :

Dalam hal menstabilkan panas dalam oven

Oven listrik memiliki thermostat yang memudahkan Anda dalam melakukan pengaturan suhu pemanggangan dalam oven. Saat ingin memanggang sesuatu, Anda hanya perlu menyalakan oven listrik dan mengatur suhunya sesuai panas yang Anda inginkan, dan tunggu 15 – 20 menit sebelum Anda memasukkan makanan yang ingin Anda panggang.

Sementara pada gas oven yang tidak memiliki thermostat, pengaturan panas perlu Anda lakukan secara manual dengan membesar kecilkan api untuk gas oven Anda. Bila Anda belum terlatih dalam menstabilkan gas oven dan mengatur nyala apinya, bukan tidak mungkin bila Anda akan merasa sangat kerepotan dan dapat berpengaruh pada hasil panggangan yang sebagian menjadi hangus.

Performa dari oven

Perbedaan berikutnya adalah pada performa keseluruhan dari oven. Pada oven listrik, tak jarang Anda akan menemui kasus seperti panas suhu di dalam oven yang tidak merata, yang membuat Anda perlu untuk sering – sering memutar loyang agar panas panggangan dapat merata. Hal ini dapat membuat pekerjaan memanggang Anda memerlukan waktu yang lebih lama.

Sementara pada gas oven, meskipun Anda awalnya harus susah payah dalam menstabilkan panas di dalamnya, tetapi gas oven memiliki suhu interior yang jauh lebih merata, sehingga Anda tidak perlu sering – sering memutar loyang. Tetapi mungkin saja masalah yang Anda temui pada penggunaan oven listrik juga muncul pada gas oven, hal ini dapat dikarenakan pengaturan suhu gas oven pada awalnya kurang tepat / kurang tepat.

Perbedaan hasil panggangan

Perbedaan lainnya adalah pada hasil panggangannya. Meskipun Anda memanggang kue menggunakan bahan dasar dan proses yang sama, tetapi hasil panggangan kue dari gas oven lebih lembut dan enak dibandingkan dengan hasil panggangan dari oven listrik. Bila Anda mengalami kesalahan dalam pengaturan suhu yang menyebabkan kue panggangan Anda hangus, rasa kue hangus dari kedua oven pun berbeda.

Meski hangus, citarasa dari kue yang dipanggang di gas oven tidak berubah menjadi pahit, dan masih dapat dikonsumsi. Hanya saja memiliki tekstur yang lebih kering dibandingkan kue yang tidak hangus. Sementara panggangan kue yang hangus di oven listrik akan berubah rasanya dan sebagian besar didominasi dengan rasa pahit,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *