percetakan

Jenis-Jenis Tinta Yang Digunakan Ketika Melakukan Print Kain

Jenis-Jenis Tinta Yang Digunakan Ketika Melakukan Print Kain February 24, 2018Leave a comment
print kain

print kainKain hasil print kain merupakan salah satu bukti dari perkembangan zaman, jika dahulu untuk menghasilkan kain dengan motif bagus harus diukir menggunakan tangan seperti batik maka kini hanya dalam hitungan jam Anda telah bisa mendapatkan kain dengan motif bagus. Hal ini tentunya sangat mempermudah ketika proses produksi, apalagi dapat menghemat ongkos produksi sehingga kain tersebut dapat dijual di pasaran dengan harga miring. Tentunya siapa yang tidak tertarik dengan kain murah namun bagus, namun kain yang diprint sangat bergantung hasil akhirnya dengan jenis tinta yang digunakan. Semakin berkualitas suatu tinta maka sudah tentu hasil akhirnya akan sangat bagus. Oleh sebab itu Anda sebagai konsumen yang cerdas dan baik wajib meneliti berbagai aspek dalam kain tersebut termasuk jenis tintanya untuk mendapatkan kain yang berkualitas.

  1. Tinta acid

Tinta ini merupakan salah satu tinta yang sering digunakan ketika melakukan print tekstil menggunakan kain yang berbahan dasar protein, kain yang menggunakan bahan protein adalah kain wool, surta, dan nylon. Namun tinta jenis ini sangat tidak cocok jika digunakan pada kain katun rayon atau kain yang memiliki bahan synthetic fiber seperti polyester. Sebab hasil yang diberikan tidak akan bagus. Sebab berbeda kain maka berbeda pula tinta yang digunakan, karena antara tinta dan jenis kain dapat memberikan pengaruh terhadap hasil akhir dari cetakan tersebut. Karena itulah Anda harus memperhatikan dengan sangat detail agar tidak salah pilih.

2.Tinta reactive

Tinta yang satu ini merupakan tinta yang sering digunakan pada kain yang terbuat dari serat alami seperti katun, linen, dan rayon. Namun tinta yang satu ini dapat juga digunakan pada kain yang berbahan dasar nylon, namun hasil akhirnya akan berbeda-beda. Ada yang bagus dan ada yang tidak bagus, oleh sebab itu dari pada harus menunggu hasil yang tidak jelas maka gunakan saja kain yang sudah tentu jika dicetak hasilnya akan bagus. Apabila Anda ingin hasil cetakan dapat memberikan warna yang cerah, maka reaksi kimia pada tinta dan kain harus dikendalikan dengan sangat baik. Cara mengendalikannya adalah dengan memaksimalkan rekasi kimianya sehingga menyebabkan molekul tinta kehilangan atom chlorine sehingga kain akan kehilangan atom hydrogennya. Hal ini tentunya akan membuat molekul tinta dan kain akan menyatu dengan sendirinya secara otomatis, dengan cara ini tentunya warna yang diberikan juga sangat bagus sehingga tidak akan mengecewakan Anda. Dengan mengenal berbagai macam tinta ini tentunya sangat memudahkan Anda dalam memilih kain terutama untuk Anda yang bekerja dibidang ini sehingga ketika melakukan print textile Surabaya maka dapat menggunakan tinta yang sangat tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *