Uncategorized

Pengertian Dari Sollar Cell atau Sel Surya

Pengertian Dari Sollar Cell atau Sel Surya January 13, 2018Leave a comment

lampu tenaga surya

Sistem Kerja Dari Sel Surya
Tahukah kamu bahwa cahaya matahari terdiri dari jutaan partikel-partikel kecil. Partikel ini disebut dengan Foton. Ketika cahaya matahari atau partikel foton ini beretemu dengan atom-atom semikondukter silikon dari sel surya maka akan menimbulkan energi yang sangat besar untuk memisahkan struktur elektron dari struktur atom. Elektron ada yang bermuatan negative (-) dan juga ada yang bermuatan positive (+). Elektron yang bermuatan negative akan bebas bergerak. Atom yang kosong dan tidak bermuatan elektron maka akan kosong. Hal ini dinamakan dengan “hole” atau kosong dengan muatan (+) di dalamnya.
Pada daerah semikonduktor yang bersifat negative , daerah ini merupakan daerah pendonor elektron. Daerah tersebut dinamakan daerah N. Sebaliknya, daerah yang bersifat positive lebih berperan sebagai dariah penerima elektron. Daerah bersifat positive disebut sebagai daerah tipe P.
Lalu pada bagian manakah terjadi pertemuan arus listrik? Tepat pada persimpangan atau pertemuan dari muatan positive dengan muatan negative yang dimana akan saling tolak menolak. Elektron negative akan menjauh tempatnya dan begitu juga hole positive. Sehingga ketika diberikan sebuah objek beban lampu, maka lampu tersebut akan mendapatkan energi listrik sehingga akhirnya akan menyala.
Pemanfaatan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Dalam kehidupan sehari-hari seiiring perkembangan tentang solar cell dan juga penggunaan tenaga surya, banyak dari kita telah menggunakan alat-alat yang menggunakan solar cell dalam kehidupan sehari-harinya seperti penggunaan pada lampu tenaga surya, kalkulator, jam, dan lain sebagainya. Penggunaan solar cell atau sollar panel atau istilah lainnya sel sollar terbilang lebih efisien dan juga lebih terjangkau. Pemanfaatan tenaga surya bisa digunakan untuk penerangan desa, desa yang kesulitan atau bahkan belum tersedia listrik. Banyak keunggulan dari menggunak solar cell atau ini. Selain pemasangan yang mudah dan juga sangat ramah lingkungan dan juga lebih hemat uang. Untuk lampu tenaga surya sendiri sudah dijual dengan berbagai jenis yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Pengertian dari solar cell cukup luas, sehingga kita masih harus belajar lagi guna memaksimalkan perkembangan dari sollar cell itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *